1.) A. Pengertian pasar
Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual
bertemu dan berfungsi barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi
berpindahan hak milik.
B.) Pengertian
dari :
1. Pasar konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli
barang-barang untuk di konsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih
lanjut.
2. Pasar penjualan / Reseller
(reseller market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan
organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi
atau disewakan untuk mendapatkan laba.
3. Pasar industry
Pasar industri adalah pasar dimana konsumen membeli suatu produk
industri bukan untuk kepentingan indiividu melainkan untuk kepentingan suatu
badan usaha atau organisasi.
4. Pasar internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk
dari beberapa negara atau pasar yang daerah pemasarannya mencakup
kawasan/wilayah internasional.
2.)
A. Pengertian dari :
a.)
merek
Tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik,produsen,dsb)pada
barang-barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal.
b.)
Simbol merek
Lambang atau gambar yang
terdapat di suatu merek
c.)
Tanda merek
Tanda merek suatu bagian dari merk berupa logo,simbo,warna,gambar
dan desain.
B.
Manfaat merk
· Merek memudahkan penjual dalam mengolah pesanan dan menelusuri
masalah yang timbul.
· Merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang
dimiliki oleh suatu produk.
· Merek memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan
menguntungkan.
· Merek membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar.
3.)
Makna e-commerce dan
tantangan bagi pengembangan wirausaha di Indonesia
E-Commerce adalah suatu jenis
dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi
bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran
barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business)dan
konsumen langsung (business to consumer), melewati kendala ruang dan waktu yang
selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Dengan aplikasi e-commerse.
seyogyanya hubungan antara perusahaan dengan entitas eksternal lainnya
(pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat,
lebih intensif, dan lebih murah dari pada aplikasi prinsip manajemen secara
konvensional (door to door, one to one relationship). Maka e-commerce bukanlah
sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet,
tetapi juga terjadinya sebuah transformasi bisnis yng mengubah cara pandang
perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya.
Tersingkirnya wirausawan karena
konsumen lebih suka menggunakan e-commerce karena lebih simple dan praktis.
4.) A. 4 unsur dari wiraswasta
1. Memiliki dan Memahami Passion
Setiap wiraswasta pasti memiliki passion di dalam dirinya. Mereka
memahami passion tersebut dan dapat memanfaatkannya menjadi ladang bisnis bagi
mereka. Bisnis yang dibangun berdasarkan passion pada umumnya lebih mudah
berkembang dan bisa bertahan lama.
2. Bersikap Positif dan Percaya Diri
Seorang wiraswasta tidak mau mengandalkan orang lain sehingga
mereka seringkali melakukan banyak pekerjaan seorang diri. Hal ini membuat
mereka lebih percaya diri dan punya sikap positif dalam bekerja.
3. Memiliki Dedikasi dan Disiplin
Wiraswasta sangat identik dengan dedikasi dan juga disiplin dalam
bekerja. Faktanya, semua wiraswasta yang sukses selalu memiliki dedikasi tinggi
dan disiplin kerja yang sangat baik.
4. Bertanggungjawab dan Berani Mengambil Risiko
Menjadi seorang Wiraswasta harus memiliki tanggungjawab dan berani
mengambil risiko. Tanpa kedua hal ini seorang wiraswasta tidak mungkin bisa
mengembangkan usaha yang dijalankan.
B. Pengertian dari :
Kewiraswastaan : pribadi yang memiliki kemampuan
untuk berdiri diatas kemampuan diri sendiri, mengambil resiko, memanfaatkan
kesempatan atau peluang usaha yang ada, memiliki semangat bersaing yang kuat.
Produsen : adalah orang yang menghasilkan barang dan
jasa untuk dijual atau dipasarkan.
Konsumen : adalah semua pihak
yang menggunakan barang/ jasa yang ada di masyarakat, baik untuk kepentingan
pribadi, orang lain, dan mahluk hidup lainnya dan tidak untuk dijual kembali.
Ekspor : adalah suatu kegiatan
perdagangan dimana barang dan jasa di dalam negeri dijual dan dikirimkan ke
luar negeri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
Komentar
Posting Komentar