1.)   A. Pengertian pasar

Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi berpindahan hak milik.

B.) Pengertian dari :
1.      Pasar konsumen

Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk di konsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.

           2.      Pasar penjualan / Reseller (reseller market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.

3.  Pasar industry

Pasar industri adalah pasar dimana konsumen membeli suatu produk industri bukan untuk kepentingan indiividu melainkan untuk kepentingan suatu badan usaha atau organisasi. 

4.  Pasar internasional

Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara atau pasar yang daerah pemasarannya mencakup kawasan/wilayah internasional.



2.)   A. Pengertian dari :

a.)  merek

Tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik,produsen,dsb)pada barang-barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal.

b.)   Simbol merek

Lambang atau gambar  yang terdapat di suatu merek

c.)   Tanda merek

Tanda merek suatu bagian dari merk berupa logo,simbo,warna,gambar dan desain.
B. Manfaat merk

·       Merek memudahkan penjual dalam mengolah pesanan dan menelusuri masalah yang timbul.
·       Merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh suatu produk.
·       Merek memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan menguntungkan.
·       Merek membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar.


3.)   Makna e-commerce dan tantangan bagi pengembangan wirausaha di Indonesia

E-Commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business)dan konsumen langsung (business to consumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Dengan aplikasi e-commerse. seyogyanya hubungan antara perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah dari pada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional (door to door, one to one relationship). Maka e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi juga terjadinya sebuah transformasi bisnis yng mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya.
Tersingkirnya wirausawan karena konsumen lebih suka menggunakan e-commerce karena lebih simple dan praktis.


4.)   A. 4 unsur dari wiraswasta

1. Memiliki dan Memahami Passion
Setiap wiraswasta pasti memiliki passion di dalam dirinya. Mereka memahami passion tersebut dan dapat memanfaatkannya menjadi ladang bisnis bagi mereka. Bisnis yang dibangun berdasarkan passion pada umumnya lebih mudah berkembang dan bisa bertahan lama.
2. Bersikap Positif dan Percaya Diri
Seorang wiraswasta tidak mau mengandalkan orang lain sehingga mereka seringkali melakukan banyak pekerjaan seorang diri. Hal ini membuat mereka lebih percaya diri dan punya sikap positif dalam bekerja.
3. Memiliki Dedikasi dan Disiplin
Wiraswasta sangat identik dengan dedikasi dan juga disiplin dalam bekerja. Faktanya, semua wiraswasta yang sukses selalu memiliki dedikasi tinggi dan disiplin kerja yang sangat baik.
4. Bertanggungjawab dan Berani Mengambil Risiko
Menjadi seorang Wiraswasta harus memiliki tanggungjawab dan berani mengambil risiko. Tanpa kedua hal ini seorang wiraswasta tidak mungkin bisa mengembangkan usaha yang dijalankan.
B. Pengertian dari :
Kewiraswastaan  : pribadi yang memiliki kemampuan untuk berdiri diatas kemampuan diri sendiri, mengambil resiko, memanfaatkan kesempatan atau peluang usaha yang ada, memiliki semangat bersaing yang kuat.
Produsen  : adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan.
Konsumen : adalah semua pihak yang menggunakan barang/ jasa yang ada di masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, orang lain, dan mahluk hidup lainnya dan tidak untuk dijual kembali.
Ekspor : adalah suatu kegiatan perdagangan dimana barang dan jasa di dalam negeri dijual dan dikirimkan ke luar negeri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.


 sumber:







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat program sederhana VB dengan menggunakan perintah perulangan Do Loop while